Fenomena Pareidolia


Assalamu’alaikum wr. wb….

Apakabar sobat??
Lagi pada puasa kan? Met menjalankan ibadah puasa ya..!!

Pernah dengar gak Fenomena pareidolia?. Fenomena ini sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh kecilnya : Awan berbentuk hewan, Wedhus gembel

Contoh hebohnya : Penampakan Malaikat di atas Ka’bah, Penampakan UFO, Penampakan wajah manusia di api saat kebakaran, Penampakan malaikat yang meloncat dari matahari, Penampakan Pria Berkuda di mesir (House man in egypt).

Pareidolia, apa itu?

Pareidolia itu adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan sebuah stimulus ambigu dan acak (umumnya gambar atau suara) dan dipersepsikan sebagai sebuah bentuk yang signifikan. Bisa juga diartikan sebagai suatu fenomena psikologis dimana otak mempersepsikan apa yang sedang kita saksikan dengan apa yang pernah kita lihat / alami sebelumnya. Contohnya; ketika kita melihat citra kelinci di bulan, awan yang berbentuk seperti hewan, wajah manusia di sebuah objek atau benda.

Salah satu fenomena pareidolia yang baru saja ramai dibahas adalah penampakan sosok alien mirip Bigfoot di planet Mars. Berikut fotonya:

image

Dalam foto yang diambil oleh wahana penjelajah NASA dan dirilis 4 tahun yang lalu itu, nampak sosok seekor makhluk yang mirip Bigfoot sedang berjalan di suatu bukit di planet Mars.

Padahal sosok tersebut sebenarnya hanyalah sebuah batu kecil yang jaraknya hanya beberapa yard dari kamera wahana penjelajah (badastronomy.com). Obyek tersebut memberikan persepsi ‘makhluk hidup’ kepada otak kita, karena bentuknya yang memang kebetulan mirip dengan bentuk makhluk hidup yang selama ini sudah kita kenali. Foto tersebut juga sebenarnya sudah di-crop, sehingga lagi-lagi memberikan persepsi tentang ‘keadaan di suatu bukit’ kepada otak kita. Padahal aslinya ‘bukit-bukit’ itu adalah bebatuan yang berada di depan wahana Opportunity.

foto diatas adalah hasil cropping kecil dari gambar di posisi kiri-bawah-ujung foto asli.

Fenomena pareidolia selanjutnya juga pernah menjadi hal yang amat menghebohkan, bahkan sempat menjadi tema sebuah film fiksi-ilmiah ‘Mission to Mars’, yaitu fenomena wajah di Mars. Pertama kali diambil oleh wahana Viking 1 dan dipublikasikan pada tahun 1976. Saat mengambil obyek itu (di wilayah Cydonia Mensae), Viking 1 kebetulan berada pada waktu yang tepat saat matahari menyinari Mars dari suatu sudut yang menjadikan bayangan yang tercipta pada bukit itu membentuk suatu wajah mirip manusia (humanoid). Coba bandingkan foto daerah tersebut yang diambil tahun 1976 dan yang diambil kemudian, saat matahari berada di sudut yang berbeda (Bintik-bintik pada foto sebelah kiri adalah kerusakan data).

image

Terlihat bedanya bukan? Jadi pada satu waktu, bukit itu memang kebetulan menampilkan bentuk yang mirip wajah manusia, tapi di waktu lain, daerah tersebut hanya menampilkan foto suatu bukit biasa. Yah, walaupun sudah terbukti hanya sebuah bukit biasa, tapi tetep ada yang kekeuh berpendapat bahwa itu adalah suatu tanda keberadaan kehidupan di planet Mars.

Fenomena serupa juga sering terjadi di bumi. Berikut contoh-contohnya:

Awan adalah sumber klasik dan paling umum untuk fenomena Pareidolia. Awan menyerupai kapal selam.

image

Pohon menyerupai monyet

image

Batu menyerupai orang bersujud

image

Sumber: http://ariathestrider.wordpress.com/2010/03/05/fenomena-pareidolia

baca juga

Posted by

Posted from WordPress for Android

About dhahnd371

I'm an Introvert boy. I like Science and Science fiction, I also like photography, blogging, gadget and many others.

Posted on 4 Agustus 2011, in alam, berita heboh, fenomena, Ramadhan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. Apanya kalau menurut gue sih tidak semuanya itu khayalan mungkin saja itu memang Bukti kekuasaan Allah yg ingin tunjukkan pada hamba-Nya

  2. Memang itu semua hanya kebetulan semata, dan persepsi manusia yang memandangnya juga menentukan.🙂

    Perihal awan, saya pernah melihat bentuk yang lebih lucu lagi.😆

  3. jadi pengen ke mars #mulaigajelas

  4. ow.. Jadi itu namanya pareiloida ya?
    Wah, good bro..

  5. akibatnya apa sh????karena saya sering mengalami hal sperti itu……..terkadang stelah mengkhayal,,,,tmbul d dinding ato di lantai mirip wajah manusia…..kadang lagi merem,,,kadang seperti lukisan dll…….

  6. assalamualikum,bhaiya….it ws really beautiful…bt lil problem tht iz i cant read indonesian language……

  7. iz it miracles of allah…?
    c hw i got it?by seeing the pix i got it…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: