Netter dan Blogger Wajib baca ini


Assalamu’alaikum wr. wb langsung baca deh beritanya cekidot…..

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON–Para
ilmuwan menemukan fakta bahwa
ketagihan akan internet dan telepon
seluler sudah menyerupai ketagihan
terhadap rokok. Hal ini mereka
temukan dari riset lapangan terhadap
ratusan mahasiswa di 12 universitas di
seluruh dunia.
Para mahasiswa dilarang membuka
email, SMS, Facebook, Twitter selama
24 jam. Mereka hanya diperbolehkan
membaca buku dan menelepon
dengan telepon rumah. Para
mahasiswa harus menuliskan
pengalamannya sehari itu dalam buku
diari mereka. Apakah mereka merasa
terisolasi, cemas, dan gelisah.
Hasilnya cukup mengejutkan. Di
Inggris, sebanyak 124 mahasiswa yang
sukarela mengikuti survei ini mengaku
merasa ‘aneh’ dalam sehari itu.
Beberapa mahasiswa mengaku seperti
berada dalam tahap penyembuhan
kecanduan narkoba. Mahasiswa
lainnya mengatakan mereka seperti
sedang berdiet terhadap teknologi.
Gejala ini dinamakan para ilmuwan
sebagai ‘Information Deprivation
Disorder’. “Kami melihat hasilnya. Ini
bukan hanya penyakit psikologis, tapi
sudah masuk tahap penyakit fisik,”
kata dr Roman Gerodimos dari
Universitas Bournemouth.
“Ini menunjukkan bagaimana
teknologi modern dan media modern
sudah mengubah hidup manusia,”
katanya.
“Uniknya, para mahasiswa mengaku
merasa gelisah. Tangan mereka selalu
mencari-cari ponsel di tempat yang
biasanya diletakkan, padahal ponsel
itu tidak ada di sana,” katanya lagi.
Meski demikian, penelitian juga
membuahkan hasil positif. Beberapa
mahasiswa mengubah kebiasaan
mereka dengan berjalan-jalan ke luar,
mengunjungi rekan mereka,
ketimbang seharian duduk di depan
komputer.
“Apa yang mengejutkan dari penelitian
ini adalah fakta bahwa ternyata
manusia saat ini punya
ketergantungan tinggi terhadap
teknologi,” katanya.
Ada beberapa tingkatan ‘kecanduan’
yang dilaporkan. Beberapa mahasiswa
mengaku sangat kehilangan ponsel
mereka. Sejumlah mahasiswa lainnya
mengatakan mereka kangen dengan
Facebooknya. Namun yang paling
besar adalah mahasiswa tidak bisa
mendengarkan musik dari gadget
mereka.
“Mahasiswa mengatakan mereka tidak
suka suasana sunyi. Mereka merasa
tidak nyaman dan aneh,” katanya.
Melihat hasil ini, para ilmuwan
mengatakan manusia harusnya bisa
mengontrol dampak teknologi
terhadap dirinya sendiri. “Ada baiknya
kita melepas ketergantungan kita dari
hal-hal ini minimal sehari dalam
setahun,” usul Gerodimos.

Apakah kamu termasuk???

Baca juga:

Salam
signature

About dhahnd371

I'm an Introvert boy. I like Science and Science fiction, I also like photography, blogging, gadget and many others.

Posted on 17 Juni 2011, in Berita tekno and tagged , , , . Bookmark the permalink. 41 Komentar.

  1. kayaknya saya udah menjadi salah satunya nih,🙂

  2. Sy juga ,,huh

  3. Hehehe, kayaknya saya juga termasuk, tapi sebenarnya bisa kok sehari tanpa internet asalkan ada teman yang ngajak ngobrol, aku pernah kayak gitu, seharian main bareng kawan, bisa ngelupakan internet

  4. Sama mas kita semua sama sehari tanpa koneksi rasanya ada yang kurang

  5. aku
    Juga ketagihan banget
    Nih…..
    Hidu p tanpa teknologi
    Bagaikan sayur tanpa garam
    ( beeeeee ajib tuh kata2nya )
    Hehehehehehehe

    Sekalian nitip lapak ya bro

    http://azisreddragon.wordpress.com

  6. Sebelumnya saya perokok berat, tp setelah kenal internet kebiasaan merokok saya sedikit berkurang.
    Internet emang bikin kecanduan pak bro. kadang lupa ma yg laen.
    btw, tengkyu udah berbagi infon moga aja setelah baca ne frekwensi OL saya bisa dikurangi.
    Sukses.

  7. Wah Kog jadi kayak aku yach???

  8. Ane juga salah satunya bro…!!

  9. saya termasuk nih, kalo gak pegang hape rasanya lemas, gelisah, gak karuan deh

  10. Ya Gue kayaknya Gue termasuk orang yang kecanduan Internet, sehari tanpa internet rasanya Hampa… Tapi kalau ada kesibukan dan Kumpul bareng teman-teman di dunia nyata Internet bisa dilupakan jadi kayaknya Kecanduan gue belum terlalu Parah

  11. @all, jadi kesimpulannya kita sama-sama kecanduan Internet

  12. Orang yg kecanduan inet rata2 orangnya kurang pergaulan alyas kuper n rada2 oon terutama gue yang oon bodoh tolol all the bad deh. gue orangnya geje setress dan komplit banget gilanya

  13. lam kenal kunjungan balik yah

  14. lam kenal kunjungan balik yah thxx

  15. Saya tidak bisa di pungkiri, apalagi baru kenal internet, hohoho… Mungkin kalau hpku hp senter, yakin saya gak bakal ngapa2in dg hp itu.

  16. pernah denger dmna yah..he..
    Tp sipp deh, tanpa ponsel zman skrng memang basi..ya ga..he

  17. alhamdulillah, aku meskipun gada gabakal bingung *ahmasa iya?*
    xD

  18. Syukur ane belum termasuk…., hehehehe
    soalnya kesibukan kerja masih jadi nomer satu, paling weekend baru nengok facebook, atau kalo hari kerja cuman sesekali liat blog dan ngetwitt, hehe

  19. kayaknya saya baru mulai kerasa nih😆

  20. @veera / hadya : wah,, hebat

  21. Netter dan Blogger Wajib baca NEGERI BOCAH ….
    hahahaha

  22. Waduh, ane slh 1x. Tiap hari kangen dgn ngblog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: