(share) Istilah-istilah yang Pernah Populer di Gorontalo


Assalamu’alaikum Wr. Wb. met sore semuanya!! di postingan ini ane cuma mau nge share istilah2 yg sering di pake oleh remaja2 di Gorontalo, istilah2 ini juga kemungkinan bakalan ane gunakan di.postingan2 selanjutnya so,, simak baik2 n cekidot gan..,,

1.” Ja bo megaya doi paralu” (jangan cuma bergaya, uang yg perlu)

istilah ini pernah populer sekitar tahun 2007 dan sampai sekarang masih ada beberapa yg menggunakannya. istilah ini juga sempat termuat di lagu hip hopnya Bonie MC (Adiknya Bona Paputungan)

2. Olemu(Punyamu), Sungebo(Jelek), Aba(Sapaan mirip “agan” di kaskus), Uwty(panggilan kesayangan),wolo(apa)

istilah olemu dan sungebo dicetuskan pertama kali oleh teman2 SMA ane. Kata olemu adalah murni bahasa Gorontalo namun sering digunakan tidak sesuai dgn arti sebenarnya(punyamu) anehnya istilah ini sangat populer di kalangan teman2 ane. sedangkan Sungebo adalah murni buatan teman sekelas ane yaitu kelas 11 B^1 MAN Model Gorontalo.

3. apa haga2 ada utang? (apaan liat2 emang gue punya hutang)

istilah ini udah lama banget kira2 dari tahun 90an (waktu ane masih orok kwkwkwk).

4. Kong kir2 ta mo per2 dang (emang gue pikirin)

“kong kir2 ta mo per2” adalah singkatan dari “kong(=lantas), kira2 kita(=gue) mo perduli dang” istilah yang berasal dari Bolaangmongondow ini melejit di tahun 2010-sekarang. istilah ini tidak hanya ada di Gorontalo tapi ada di seluruh Sulawesi

5. Apa jo ngana suka*dilafalkan.dengan logat khas bolmong (mau lo apa)*

Istilah ini sangat populer di kalangan remaja2 Gorontalo dari akhir tahun 2010-sekarang. Istilah ini juga dapat di
temui di seluruh Sulawesi

6. Apa ngana jaga rasa2 ini (gak tau ngartiinnya gimana, what’s in ur mind kali ya)

Istilah ini muncul waktu ane kelas 11 SMA sekitar tahun 2010. Istilah ini juga udah menyebar di seluruh Sulawesi

7. A’uwty

Istilah ini juga asli bahasa Gorontalo, tapi gak tau kenapa sekarang lagi marak2nya.

8. Ti ti Curhat

biasanya digunakan untuk nyindir orang atau dijadikan respon utk orang yg suka cerita berbelit-belit

9. ….Olo dech

juga muncul di tahun 2010, pas ane kelas 11 SMA

Segitu dulu ya, ntar kalo ada yang baru or baru keingat bakalan ane update di.postingan ini. Oiya, apa di tempat kamu juga ada istilah2 semacam ini? share di kolom komentar ya!!!

Baca juga:

Salam
signature

About dhahnd371

I'm an Introvert boy. I like Science and Science fiction, I also like photography, blogging, gadget and many others.

Posted on 27 Mei 2011, in gorontalo, Istilah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. apa ya,, bingung,,
    Hahahahah,,
    Bntar, mikir dulu bro

  2. entu bahasa planet ya??? Hahaha bercanda Bro😀 istilah-istilahnya keren sayang gue bukan orang gorontalo

  3. waktu dikorea gak banyak sih istilah aneh-aneh, kalau Indonesia wahhhh ada ratusan istilah-istilah Aneh dan gaul hahaha😀

  4. sketchimaginator

    mantap, yang masi ane bingung yang olo deh olo deh itu. mungkin gara2 itu muncul pas ane so tidak di gorontalo ee?

  5. Klo Masbro?

    u kan suka bilang masbro di blog w.. hehehe

    ^^

  6. Wah bro dhand ini orang gorontalo ya. Berarti dekat sama briptu norman dong. Hehe
    Salam kenal ya.

  7. Wa’alaykum salam, hehehe,** bo odhisho

Tinggalkan Balasan

