Siswa Peraih Nilai UN Tertinggi Bunuh Diri, karena TIDAK LULUS


Ilustrasi
JAMBI- Mengejutkan! Wahyu
Ningsih (19), siswi sebuah SMKN
di Muaro Jambi yang kemarin
ditemukan tewas menelan racun
jamur tanaman itu ternyata
peraih nilai ujian nasional mata
pelajaran Bahasa Indonesia
tertinggi.
Ningsih, demikian kawannya
biasa memanggil, memiliki nilai
Bahasa Indonesia delapan. Dalam
SMS yang ia kirim sebelum
menelan racun itu, mengaku
sangat syok karena amplop
berisi keterangan kelulusan itu
menjelaskan bahwa almarhum
harus mengulang (her) tes
matematika pada Mei nanti.
“Kami sebenarnya diingatkan
oleh guru supaya membuka
amplop setelah sampai rumah
saja, ” kata Mimi mengenang
kejadian Senin siang itu.
Menurut Mimi, Neneng menjadi
satu satunya murid yang tak
lulus di antara siswa kelas 3 di
sekolahnya. Saat Neneng
histeris, katanya, sulit
ditenangkan siang itu.
Saking terpukulnya, Neneng
malah sempat rebah di tanah,
membiarkan pakainnya
terkotori. Ia pun lantas diantar
pulang ke rumahnya di Desa
Muara Jambi oleh satu
rombongan.

About these ads

Tentang dhahnd371

I'm an Introvert boy. I like Science and Science fiction, I also like photography, blogging, gadget and many others.

Posted on 20 Maret 2011, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 134 Komentar.

  1. Ya kan dpt nilai bahasa 8 ga menjamin lulus…kalo dpt 10 smua tapi ada 1 mata pelajaran yg dibawah 4 jg tetep ga lulus lahh

    • mudah2an aja kerabat mu jg mengalami hal yg sama..

    • betul chang….jadi anak indonesia jangan cengeng dan mudah patah semangat…dan itu yg tidak lulus dari satu sekolahan kan cuma dia…jangan gara2 dia tidak lulus seorang dan bunuh diri jadi nyalahin semuanya…bisa kalau negri ini…instropeksi aja, hidup ini pilihan kok, dan setiap pilihan pasti ada konskwensinya….jangan terlalu sensi lah…yg logis2 saja…prihatin boleh tapi jangan apa2 dibelain..lihat2 dulu perlu di belain kagak…kita jangan jadi ikut2 orang2 bodoh…apa2 dibelain tanpa lihat kasusnya dulu….heheheheh

      • Kata siapa Hidup ini pilihan…Ngawur itu…..
        Kalo Pilihan pasti semua orang milih kaya, lulus, pintar gak milih bodoh..
        kalo pilihan dia pasti gak milih bunuh diri….
        kalo hidup itu pilihan berarti orang yg gak tahu asal usul Adam Dan Hawa…
        Belajar aja lagi….jangan ikut ikutan kalimat2 org …(hidup itu adalah Pilihan)..
        Coba jawab Mr. Gacun…….
        Saya milih Hidup terus gak mati mati…apa konsekwensinya.?????karena ini pilihan :
        pilihan antara hidup dan mati….hayo jawab>

        • Hidup itu memang pilihan kita. Kita berusaha mencapai pilihan hidup kita, tapi Tuhan yg menentukan yes or no nya. Klo kmu milih hidup terus ga mati2 ya ihktiar dg hidup sehat, makan sehat, olahraga. Siapa tau Tuhan mengijabah kan? Bahkan sejak ada adam dan hawapun sdh ada pilihan. Mau disurga terus tp ga makan buah terlarang, atau makan tp ada konsekwensinya.. nah kaan.. coba dipikir lg baik2… hidup ini memang pilihan kan? Pilihanmu untuk mengetik komen di atas, dan pilihanku mengetik komen ini. See…

        • hidup itu emang pilihan,, tapi setiap pilihan ada konsekwensinya..

          kalo miilih jadi kaya, ya konsewensinya harus kerja / usaha dan menabung
          kalo milih jadi pintar ya konsewensinya harus belajar
          kalo milih bunuh diri ya konsewensinya ya meninggal.

          kalo anda milih hidup terus ga mati2 ya brarti itu mencerminkan kebodohan anda. karna kita mahluk hidup, mempunyai umur..

        • bukannya dia milih buat bunuh diri, padahal kan dia bisa ngulang ujiannya..
          kalo hidup bukan pilihan ngga ada pelajaran peluang, kombinasi sama permutasi dong .

        • wkwkk go fuck your self, neng

        • hahahaa….Nen Guelis…Hidup emang pilihan Neng…klu mau kaya ya kerja/berusaha supa kaya, mau pintar ya harus pilih rajin belajar biar pintar. bila kita memilih ya harus kita jalani aturan/cara biar kita bisa mencapai pilihan kita itu…begonooooo…..klu Hidup dan mati itu bkn pilihan emang sudah kodratnya kita..mahluk yg tak kekal, bedain dung…pilihan dgn ketentuan.

        • Haha… nah yg begini nih.. cara org yg ga berpendidikan berbicara. Neng tolong deh, look how stupid you are. Bener2 pertanyaan dan pemikiran yg bodoh. Sebenernya saya bs jawabin smua pertanyaan anda. Tapi susah ngomong dgn anda, ibarat professor yg mau menjelaskan matriks ke anak 5 tahun

        • HAHAHA STATEMENT TOLOL!

  2. ga ada empatinya situ..

    • Bukannya gaada empati..tpi yg bkin judul itu lebay dan salah. Hrsnya sebut jg dong nilai un yg laen brapa

    • ya emang bener sih, dia ada yang gak lulus… lagian; bukannya nggak ber empati, tapi ngmgin kenyataan aja. Jadi orang ga perlu tllu melan n sungkan an ah… (udah budaya nya orang Indo kali ya; guampang banget tersentuh sehingga jadi sangat sensi…)

      • Thank u ya @jogetkere nampaknya cuma kita yg sepikiran… :’)

        Itu judulnya sok mau bikin ironis tp sbenernya gaada yg ironis sm skali. Jdulnya juga sperti menyudutkan pemerintah bgt. (saya sbenernya bukan org yg pro pemerintah, tp saya gasuka aja ngeliat cara bahasanya)

  3. para korban memperkorbankan diri

  4. hadehh…
    Siswa Peraih Nilai Paling Tinggi Bunuh Diri,
    lebay, kalo cuma bahasa indonesia itu pun cuma dapat nilai 8 ga perlu lah buat Judul yg begituan, lebay banget… gw nyalahin Judul nya aj , ga usah terlalu lebay, indonesia emg kebiasaanya lebay,,,

  5. Para siswa-siswi di Indonesia diajarkan untuk mendapat nilai setinggi2nya. Soal moral dan praktek bermasyarakat tidak diajarkan. Sebuah pola pendidikan yang salah. Mau dibawa kemana bangsa ini oleh anak2 bermental seperti ini?

    • pdahal seharusnya nilai moral diajarkan dalam satu paket di sekolah. Hal ini tentunya tidak bisa juga dibebankan semua ke sekolah, pihak orang tua dan lingkungan juga sangat berperngaruh dalam membentuk karakter anak.

  6. Sistem pendidikanx yg bobrok, mempertuhankan nilai, gk memperhatikan proses. pdhl proses itu yg mbentuk karakter seseorng. Bukan nilai yg bs saja hasil contekan.
    Setuju/tdk, sejak Jaman UN ada-skrg budaya nyotek sudah mengakar ya krna sistemx. CARI SELAMAT.
    Knp gk kembali ke jaman EBTA/EBTANAS yg sistemx lbh manusiawi, nilai jelek/bagus trgantung siswax. Gak harus lulus gak lulus kaya gini dg nilai minimum. Toh,jaman dulu mski nilaix gk trlalu bagus byk yg brhasil.Shrsx sistem penilaian sprti di Perguruan Tinggi bs diaplikasikan ke dunia sekolah.

  7. mudah-mudahan sistem UN bisa lebih bijak dari apa yang ada sekarang… dimana bapak Mendiknas??

  8. Aduuh, pendidikan kok malah jadi menakutkan kayak gini. Di Jambi lagi…

  9. harus nya pemerintah menyadari pentingnya mata pelajaran kesehatan Mental.

  10. Ini disebabkan pendidikan sekarang yang lebih berorientasi pada perolehan nilai ujian, bukan pada pembentukan karakter, sebagaimana yang dipertunjukkan pada penyelenggaraan Ujian Nasional (UN). Senjutnya click di sini http://spensaguti.wordpress.com/2013/04/10/how-strangers-can-make-you-happy/

    • Bener pak, ini anak mentalnya emang udah keganggu karena depresi sebelum ujian, dan juga ini anak jelas ga memiliki karakter yang kuat, manusia hidup ditempa cobaan dan yang berhasil melewati setiap cobaan akan menjadi orang yang tegar dan dapat dibangakan, tapi disini terlihat sekali bahwa ini anak ga mampu dan pasti ga inggin sedikitpun mengalami cobaan. “Suicide is the most coward way to end”

  11. itu emangnya hasil Ujiannya sudah diumumkan ya ???

  12. Kok di postingan diatas tertulis Maret 20? Ini berita kapan? Tahun lalu kah?

  13. Ternyata ini berita 20 Maret 2011 -_-

  14. Ngenes, kenapa sampai seperti itu? Semoga saja siswa yang lain tidak bernasib sama dan lebih tenang saat menghadapi ujian nasional

  15. Jangan lihat tahunnya, emang kalau sudah 2013, korbanya bisa hidup lagi???

  16. LEBAY KAMU DEK…. ^^

  17. sudahlah doain aja almarhum semoga amal ibadahnya diterima, gak baik loh ngomongin orang yg udah gak ada. jadiin pelajaran aja buat kita semua ambil hikmahnya :)

  18. Lah, kalau memang bakatnya di bahasa bukan di matematika, masa semuanya harus “dipaksa” dikuasai?

  19. Bunuh diri…. sdh pasti Neraka, tdk Lulus, belum tentu tidak SUKSES…

  20. ini yang salah sistim pendidikan di indonesia nich..sistim pendidikan di indonesia paling jelek..tiap org kahan punya kecerdasan masing – masing…masa hars dipaksakan semuanya hrs bagus..jelek bgt

  21. Seharusnya sistem pendidikan Indonesia bisa lebih demokratif. Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda. Dan minat dan bakat tersebut tidak dijamin cocok di paket IPA, IPS atau bahasa. Seharusnya setiap individu lah yang membuat paket pendidikannya. Mata pelajaran apa saja yang sesuai minat bakat dan kemampuan. Agar kegiatan menuntut ilmu tidak terasa menekan psikologi. Dengan begitu, ujian tidak akan terlalu menakutkan dan tidak menjadi kambing hitam dalam permasalahan kelulusan siswa. :)

  22. saya tidak lulus Alhamdulillah saya bisa menghidupi keluarga cukup tdk kekurangan maupun berlebihan ada rumah, mobil dan motor sendiri, mentalitas dan punya keyakinan dalam beragama Insya Allah bisa mengatasi hal2 yang berat sekalipun

  23. masak iya.. gak lulus aja pkk bunuh diri.. sayang banget…

  24. ya ampunnn… over reacted.. ini beritanya.. please be smart peoples… we know what we’ve been trough… smua perubahan itu butuh waktu… klu kita mau negara kita itu maju harus mulai dri dri sendiri… penguasaan diri mentall terutama… masih ujian kecil aja udah begini gmn nanti yg lebih besar.. ?

  25. UN ga banyak manfaat

  26. berita udah lama banget, jadiin pelajaran aja buat adik2 yang sudah selesai ujian jika tidak lulus jangan sampe melakukan hal yang sama(bunuh diri), karena masih ada ujian ulang(her), jika malu mengikuti ujian ulang/her maka bisa disimpulkan, mentalitas sianak belum terbentuk untuk terjun kejenjang selanjutnya ..

  27. Pendidikan Indonesia tidak berjalan dgn baik

  28. Bahasa tulisan memang bisa disalah mengerti karena tidak terlihat raut wajah si penulis apakah mengejek atau tidak…. penambahan partikel “lahh” memang ada tendensi mengejek… oleh sebab itu perlu ditambahkan informasi lain untuk menghilangkan kesan itu…. Berita kapan pun itu tidak menjadi masalah diulang sepanjang bermanfaat dan kesannya berguna sampai saat ini, itulah pentingnya sejarah umat manusia!!

  29. yaudah sih saudara-saudari..intinya gausah ikut2an bunh diri kyk beginian. gak baik. terganggu nih jiwanya. setiap manusia harus mengalami ujian dan cobaan. dan itu wajib. jadi dosa klw putus ada.

  30. tapi sebagai sesama manusia kita hrs empati pd ningsih. moga diampuni dosa2nya dan diberkan surga..

  31. sungguh sangat disayangkan sekali dengan kejadian seperti ini..
    semoga tidak terulang lg kejadian seperti ini

  32. Berita lama saudara2 mohon jangan diangkat seolah2 baru, pembohongan publik namanya

  33. gagal dalam pendidikan belum tentu gagal dalam kehidupan..

  34. Pada intinya..hal2 seperti ini bisa terjadi karena UN seolah sdh menjadi sebuah standar baku sebuah keberhasilan seseorang dalam menjalani pendidikan dari tingkat SD hingga SMA,,,hingga menimbulkan ketakutan yg sangat berlebihan buat yg akan menjalaninya bila dia tidak mampu melewatinya..padahal tidak semua siswa mempunyai kecerdasan yg sama..padahal dulu seingat sy jaman msh ebta atau ebtanas tdk pernah ada kasus2 seperti ini..jd pendapat sy pribadi seharusnya pola pendidikan di Indonesia yg harus ditata ulang agar jangan sampai para siswa tdk menjadi takut duluan saat harus menjalani sebuah ujian akhir dan juga jgn sampai siswa merasa bahwa gagalnya mereka dalam melaksanakan sebuah ujian akhir adalah akhir dari segala2nya…

  35. lah emang udah pengunguman kelulusan? bukannya UN SMU baru minggu kemaren??

  36. bobrok sistem pendidikan , semua org punya kelebihan masing2….., mustinya penentuan kelulusan itu rata2 nilai, bukan kalo ada yg nilai kecil di 1 mata pelajaran, jdnya gak lulus…., misal : bahasa indonesia 8, inggris 9, matematika cuma dpt nilai 4… jd nya gak lulus…? padahal kalo rata2 8+9+4 =21 dibagi 3 masih rata2 7……….. setiap org ada kelebihan masing2 gak bisa kita paksaain semua pelajaran harus dapat angka minimal,,,,,,,, kasian yg gak nyintek, malah banyak yg lulus dibandiingin yg dpt bocoran kunci jawaban

  37. setiap orang mempunyai ahli dibidangnya, jika UN terus menjadi hantu bagi sebagian siswa kenapa masih harus diadakan, pengaruh orang tua, guru, dan lingkungan pun menjadi sangat berarti jika sudah begini .. :(

  38. ini namanya Neneng atau Ningsih sih? saya agak nggak mudeng sama beritanya

  39. Tetep semangat apapun hasil UN adik-adik.

  40. BERITA HOAX… Kl benar pasti dah terekspos besar2an. Lagian phot profilnya jg asal. Itu photo ketikan siswa ada kegiatan training motivasi dan doa bersama. Gambar itu aku dah lama punya…

  41. emang udah ada pengumumanya ya? ,apa cuma berita boong

  42. Berita ini tidak lengkap, jika hanya B. Indonesia yang 8 dan yang lainnya di bawah 4, mana bisa dikatakan Nilai tertinggi, coba lengkapi kisahnya, jika benar, kita usung kisah ini ke Komnas HAM dan Kemndikbud.Ramai ramai.

  43. Semoga UN TIDAK ADA!!

  44. bahhh HOAXXX….. :D Siann Panjang2 coment HOAXX !!!

  45. sudah tidak waktunya lagi melihat manusia secara equal satu sama lain. anak ini mungkin punya kelebihan di mata pelajaran bahasa bukan eksata. kenapa semua hrs disamaratakan di indo??? einstein itu dianggap bodoh waktu sekolah, mungkin krn lemah di pelajaran umum dan bahasa tetapi menonjol di eksata.. ingat manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing2… bukan robot yang hrs memiliki minat bakat dan kemampuan yang sama dengan semua individu lainnya…

  46. hadeee sedih banget lihat yg kyk gini,,,,aq pernah segalau gini jg ,hampir pgn bunuuh diri disaat itu untg aja punya keluargga yg baik banget punya ibu yg best of the best,,peranan org tua dan keluargga lingkungan saat itu dibuthkan banget sama org2 yg lagi galau(seperti nining itu) tau degh saat itu benar2 mata gelap buram ,,,yg tau itu hanya2 org2 yg pernah down,,dan yg bisa tolong bukan dirinya tp org lain,,,,saat kita down ga ada pikiran sehat cuman rasa galau sedih sesak saat itu dirinya sendiri ga bisa ditolong,,,harus ada org lain,,,,,,,krn itu peran org tua keluargga lingkungan benar2 butuh.

  47. janganlah kebebasan diobral, fanatisme dan sentimen kelompok dipelihara~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: